12/06/2008 08.43.00 AM

Transmisi data

Konsep dan Terminalogi

1. Semua bentuk informasi baik suara, data, image dan video dapat ditampilkan oleh sinyal-sinyal elektromagnetik. Tergantung pada media transmisi dan lingkungan komunikasi baik sinyal digital maupun analog dapat dipergunakan untuk menyampaikan informasi.
2. Apapun sinyal elektromagnetik, analog maupun digital, terdiri dari jumlah frekuensi yang dipilih. Suatu parameter kunci yang mengkarakteristikan sinyal adalah bandwith, yang merupakan lebar jangkauan frekuensi yang mengandung sinyal. Umumnya semakin besar bandwith sinyal semakin besar pula kapasitas muatan informasinya.
3. problem utama dalam merancang sebuah fasilitas komunikasi adalah gangguan transmisi. Gangguan yang paling signifikan adalah atenuasi, distorsi atenuasi, distorsi tunda, serta berbagai macam nouse. Berbagai bentuk nouse meliputi derau suhu, intermodulation nouse, crosstalk dan derau impuls. Untuk sinyal-sinyal analog, ganguan transmisi memperkenalkan efek random yang menurunkan mutu informasi yang diterima dan kemungkinan mempengaruhi kejelasan data. Sedangkan sinyal digital, ganguan transmisi dapat menyebabkan bit error pada receiver.
4. Perancang sebuah fasilitas komunikasi harus memenuhi empat faktor : bandwith sinyal, rate data yang dipergunakan untuk informasi digital,jumlah noise dan ganguan-ganguan yang lain., serta tingkat rate error yang dapat diterima. Bandwith dibatasi oleh media transmisi dan keinginan untuk menghindari kecampuran antara sinyal-sinyal lain terdekat. Karena bandwith merupakan sumber penting, kita akan memaksimumkan data rate yang dapat dicapai dalam suatu bandwith yang ada.rate data dibatasi oleh bandwith, ganguan yang terjadi, serta rate error yang dapat diterima.

0 komentar: